Rombongan UIS Malaysia Kunjungi SLB N 1

Rombongan UIS Malaysia ketika bersama Wakil Kurikulum SLBN 1 Padang Panjang. (Foto : Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Belum genap sepekan Sekolah Luar Biasa Negeri (SLB N) 1 Padang Panjang dikunjungi rombongan wisatawan Malaysia, Kamis (12/10) ini datang bertandang 20 mahasiswa Program Studi Dakwah, Fakultas Pengajian Peradaban Islam, Universiti Islam Selangor (UIS) Malaysia.

Kunjungan mahasiswa UIS dalam rangka belajar bersama Orang Kurang Upaya (OKU/sebutan di Malaysia) atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK/sebutan di Indonesia) ini merupakan bagian dari program bertajuk “Kembara Dakwah di Bumi Hamka”.

Rombongan tiba di SLB pada pukul 08.00 WIB, disambut seluruh siswa dan tenaga pendidik di halaman sekolah dengan rentak musik gandang tambua tasa yang dimainkan siswa. Beberapa siswa perempuan “maantaan siriah” kepada rombongan jelang memasuki ruang pertemuan.

Kepala SLB N 1 diwakili Wakil Kurikulum, Yolia Maulina, S.Pd dalam sambutannya mengungkapkan rasa haru dan bahagia atas kunjungan ini.

Saya mewakili keluarga besar SLB, sangat terharu dan bahagia ketika sekolah kami dikunjungi mahasiswa UIS. Kami berharap agar silaturahmi antarnegara ini terus berlanjut ke depannya,” ungkap Yoli.

Hal senada, disampaikan Dr. Muhammad Noor bin Hussin, Dekan Fakultas Pengajian Peradaban Islam UIS. Ia menyampaikan harapan yang sama dan merasa sangat ‘teruja’ (semangat) mendapatkan sambutan yang begitu hangat dari pihak sekolah OKU ini.

Dalam pertemuan ini, Marisya Hamidah, siswa dengan disabilitas netra (hambatan penglihatan) membaca ayat suci Al-Qur’an dan menampilkan salah satu bakatnya dengan menyanyikan lagu Idgitaf berjudul “Satu Satu”. Hal ini sontak membuat sebahagian besar yang hadir di ruangan terisak.

Usai temu ramah di ruang pertemuan, rombongan mengunjungi stand-stand yang dipamerkan pihak sekolah. Seperti bengkel sepeda motor, demo memasak, demo make up fantasi, demo membatik dan mengunjungi kelas-kelas guna menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembelajaran.

Pihak UIS juga menyerahkan cenderamata berupa barang, dan memberikan sumbangan berupa uang yang diserahkan secara langsung kepada kepala sekolah. Mahasiswa UIS juga membeli kue dan batik yang diproduksi siswa SLB.

Sebagaimana yang telah menjadi budaya bagi SLB N 1 Padang Panjang dalam memuliakan tamu, rombongan dilepas dengan arak-arakan gandang tambua tasa didampingi seluruh tenaga pendidik hingga ke jalan raya untuk melanjutkan perjalanan. (Adi).

Penulis : Adi

Editor. : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *