Wakil Walikota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra hadiri Tabligh Akbar yang di selenggarakan PSPJ dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1445 H.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Menyambut dan memeriahkan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1445H,Persatuan Sosial Perantau Jawa (PSPJ) kota solok menggelar Tablik Akbar di Masjid Al Hidayah Kota Solok Selasa (18/07).

Wawako Solok mengajak untuk menjadikan momen pergantian tahun tersebut sebagai wadah merefleksi diri untuk bermuasabah, dan dikatakannya, “Allah tidak akan mengubah nasib satu kaum kecuali mereka sendiri yang mengubahnya”. (QS. Ar Rad: 11).

Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah sebagai tonggak penanggalan kalender hijriyah membawa pesan bahwa perubahan sebagai keniscayaan dalam kehidupan. “Allah tidak akan mengubah nasib satu kaum kecuali mereka sendiri yang mengubahnya”. (QS. Ar Rad: 11)

Menurut Wawako Hijrah adalah sebuah upaya untuk perbaikan diri menuju masa selanjutnya yang dinamis, rukun, dan sejahtera. Kelangsungan hijrah menuju peradaban Qur’ani, menunjukan umat untuk berikhtiar, menjalankan seluruh perintah Allah dan menjauhi segala larangan Nya.

Sejak dahulunya setiap manusia dihadapkan dengan tantangan hidup yang berbeda, dan begitu juga dengan Rasulullah, dikarenakan oleh dasyatnya sepak terjang kaum Jahilliyah yang saat itu menentang ajaran Illahiyah, membuat Rasulullah melakukan Hijrah ke Madinah.

Rasulullah melakukan Hijrah bersama para sahabat yang setia mendampinginya, dan dalam suasana yang mengkuwatirkan itu yang penuh dengan cemoohan dan ancaman keselamatan jiwa, Rasulullah terus diberi cobaan oleh Allah SWT dengan meninggalnya orang yang dicintainya.

Adapun hikmah yang dapat diambil dari peristiwa yang telah dijalani oleh Rasulullah tersebut adalah, menjauhkan diri dari pergaulan yang tidak baik.
Semangat perubahan dan optimisme menjadi motivasi untuk berlomba menuju kebaikan, dan Istiqomah dalam beramal ma’ruf nahi Munkar.

Mengakhiri paparannya, Ramadhani berharap dengan digelarnya kegiatan Tablik Akbar tersebut dapat meningkatkan Ukhuwah islamiah dalam menuju kota Solok Serambi Madinah yang diberkahi.(Eli)

Penulis : Eli

Editor : Red Minakonews

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *