SDN 04 PPT Implementasikan P5 dengan Kearifan Lokal Minangkabau

Kegiatan Kurikuler SDN 04 Padang Panjang Timur (PPT) diantaranya anak-anak memasak sambal asam padeh.(Adi).

Padang Panjang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – SDN 04 Padang Panjang Timur (PPT) gelar “Baralek Gadang” Implementasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa kelas I, IV dan VI, Sabtu (27/5) di sekolah tersebut.

Kepala SDN 4 PPT, Dra. Ernita menyampaikan, kegiatan kokurikuler berbasis kearifan lokal ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka.

Kita mengangkat budaya Minangkabau sekaligus mendukung program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang Panjang untuk Babaliak Ka Nagari,” ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan wali murid, komite sekolah, KAN Gunuang serta Disdikbud.

Hari ini merupakan kegiatan puncak, rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak Kamis (25/5). Mereka belanja bahan Samba Alek ke pasar. Kemudian memasak berbagai macam sambal seperti Randang, Asam Padeh, serta berbagai macam makanan lainnya,” ungkapnya.

Selain pawai kegiatan, hari ini juga ada kegiatan berkesenian, Pasambahan, praktek Manatiang (menghidang) serta diakhiri dengan Makan Bajamba,” jelasnya.

Pihaknya berharap ke depan kegiatan ini semakin meningkat dalam mengaplikasikan Kurikulum Merdeka.

Mudah-mudahan tahun depan kegiatan ini bisa berjalan lebih bagus lagi. Kita libatkan empat lokal, semoga semakin meriah. Kita aplikasikan dari sekarang, karena nantinya, murid laki laki ini yang akan menjadi Ninik Mamak di kaumnya dan perempuan akan jadi Bundo Kanduang,” tuturnya.

Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan pawai pakaian adat dengan menempuh rute Pasar Kuliner, M. Syafei, Pasar Pusat, Masjid Jihad, SMPN 1. Dalam kegiatan ini juga menghadirkan Datuak Lelo Anso dari KAN Gunuang sebagai narasumber. (Adi).

Penulis : Adi

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *