Sebanyak 31 Gala Sako Nagari Pasie Laweh di Lewakan

banner 120x600
banner 468x60

Bupati dan Wabup Tanah Datar foto bersama setelah melewakan Gala Sako Nagari Pasie Laweh.(Foto : M Syukur)

Tanah Datar (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Bupati Tanah Datar Eka Putra mengucapkan selamat kepada Pangulu Niniak Mamak dan Pewaris Gelar Sako Nagari Pasie Laweh yang dilewakan, di lapangan galodo nagari tersebut baru-baru ini.

banner 325x300

Saya menyampaikan selamat atas palewakan gala sako kepada 31 niniak mamak dari Suku Chaniago, Mandahiliang, Piliang dan Gugun, serta pelantikan manti, dubalang, malin dan khatib masing-masing suku,” kata Eka Putra.

Diungkapkan Bupati lagi, selama 2,5 tahun menjabat baru kali itu ia menghadiri kegiatan lewa gala yang begitu ramai, baik dari niniak mamak ataupun masyarakat yang hadir.

Alhamdulillah, meski ada sedikit permasalahan namun sudah bisa terselesaikan dengan baik dan hari ini melaksanakan kegiatan palewakan gala dengan kompak dan semeriah ini. Tentu ini harus diapresiasi dan menjadi contoh bagi nagari dan daerah lainnya di Tanah Datar,” sampainya.

Bupati menambahkan, alek batagak gala pangulu ini tentunya menjadi kebanggaan bagi kaum, terutama untuk mambangkik batang tarandam, menghidupkan kembali gala nan talipek, dan juga menjadi pengayom bagi anak kemenakan dan suku serta kaumnya.

Terlepas dari itu, tentunya ke depan Saya berharap pangulu yang menyandang gala menjadi pengayom bagi anak kemenakannya serta juga mendukung Program kegiatan di nagari ataupun Pemerintah Tanah Datar, terutama dalam menghidupkan dan melestarikan kembali adat budaya salingka nagari,” ujarnya.(MSR).

Penulis : M Syukur

Editor : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *