SMAN 2 PADANG WISUDA 99 ORANG TAHFIDZ ANGKATAN V

Kepala sekolah SMAN.2 Padang Drs Syamsul Bahri. (Photo : Edril)

Padang (Sumbar), MINAKONEWS.COM – SMA Negri 2 Padang menggelar wisuda terhadap 99 orang siswa/wi yang telah selesai mengikuti program Tahfidz untuk tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula SMAN 2 Padabg, Jum’at (24/02).

Kepala SMAN.2 Padang, Drs. Syamsul Bahri mengatakan, program Tahfidz telah berjalan 5 tahun, dimana kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) serta guru-guru yang lain dan juga didampingi ustad Ahmad Faiz LC yaitu Alumni dari Mesir.

Jelasnya, kita memiliki 2 program yakni Tahfidz dan Tahsin. Sedangkan Tahsin merupakan anak-anak yang tidak bisa baca Alqur’an dan Tahfidz yaitu penghafal Alqur’an dari 2 juz sampai 15 juz.

Kegiatan ini merupakan perjalanan siswa dibidang keagamaan, terutama agama islam, kegiatan ini dimulai tahun 2017 dengan nama gerakan SMANDOE menghafal Alqur’an, bekerja sama dengan kemitraan semua guru-guru terutama guru PAI bersama Alumni dari Mesir, Ahmad Faiz LC.

Selanjutnya Syamsul msngatakan, SMAN 2 melakukan langkah-langkah, dimana siswa yang masuk ke jalur Tahfidz menjadi Ekskul Tahfidz. Siswa yang sudah pandai hafal qur’an bisa dimasukan ke program Ikskul (Ekstra kurikuler) mereka ini yang dipersiapkan untuk wisuda dengan nama Tahfidz Gold.

Pada saat diwisuda pada hari ini minmal hafal Alqur’an 2 juz ssmpI 15 juz, yang mencapai 15 juz hanya 1 orang.saat diwisuda. Menjelang wisuda dillakukan seleksi selama 1 bulan, kemudian di mahbid kan 1 malam di mesjid untuk .meningkatkan hafalan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.” tutur Syamsul.

Tujuan agar mereka bisa menghayati, menghafal, meresapi dan msngamalkan kemudian ada motivasinya. SMAN 12 adalah sekolah pelaksana program penggerak dengan Berketuhanan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. Wisu
da ini dilaksanakan oleh lintas kelas (kelas 10,11 dan 12) dalam satu tahun setiap bulan Februari.” ungkap Syamsul.

Sebagai kepala sekolah SMAN 2 Padang berharap tahun ketahun ada peningkatan tajam, wisuda Tahfidz, pada wisuda saat ini mencapai 10 persen dari jumlah siswa yang ada yaitu ada 1000 orang, Untuk tahun kedepn kami akan menambahkan lagi 1 program, yaitu wisuda Tahsin, artinya bagi siswa yang tidak bisa baca Alqur’an nantinya akan bisa mencapai juz 30. Wisuda Tahfidz dibuka secara resmi Gubernur Sumbar, dengan diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Drs Barlius MM,” tutup Syamsul Bahri. (Edril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *