SMK KESEHATAN GENUS SUMBAR GELAR UCAP JANJI DAN PELEPASAN PRAKERIN

Foto bersama setelah upacara ucap janji dan pelepasan prakerin siswa SMK Kesehatan Genus Sumbar.(Foto : Edril)

Padang (Sumbar),
MINAKONEWS.COM – SMK Kesehatan Genus Sumatera barat mengikuti upacara ucap janji dan pelepasan Praktek Kerja Industri (Prakerin) angkat sumpah bagi siswa SMK Kesehatan dan masalah hal-hal yang penting, karena menyangkut nyawa msnusia dalam melayani dan mengambil tindakan dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

SMK Kesehatan Genus Sumbar melepas siswa nya untuk praktek kerja Industri sebanyak 70 siswa untuk kelas 11 ke dunia kerja, untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat kan di sekolah,. Kegiatan ini diselenggarakan di hotel Rangkayo Basa Padang, Rabu (31/01/2024).

Kepala sekolah SMK Kesehatan Genus Sumbar, Rina yang ditemui awak media mengatakan, sebanyak 70 siswa yang disumpah unruk pelepasan prakerin terdiri dari dua jurusan yaitu Farmasi Klinis dan Asisten Keperawatan, ini akan melakukan Prakerin ke Rumah sakit, Apotek, Klinik, PSTW (Panti jompo), dan Puskesmas yang ada di Sumatera barat, bahkan ada beberapa siswa yang prakerin di luar Sumbar, bahkan juga ada ke luar negri,” ujar Rina.

Lebih lanjut Rina menyampaikan, mereka semua kita berikan kesrmpatan untuk menerapkan ilmu yang didapat kan di sekolah ke seluruh dunia kerja industri yang ada dimana saja, baik itu Rumah sakit, Apotek, Klinik dan lain nya.

Menurut Rina upacara ucap janji dan pelepasan prakerin merupakan hal yang sangat penting, karena mereka akan terjun kelapangan khusus nya dalam pelayanan, akan nenyangkut dengan nyawa manusia, sehingga dilakukan ucap janji prakerin, saat ini pihak nya akan memacu dari segi standar pendidikan, kemudian kerjasama dengan LSP-PT BNSP yang nantinya standarisasi kelulusan kompetensi sesuai dengan yang dibutuhkan.

Semantara DR (HC) Defi Endri SPd, MM MPd. selaku ketua Yayasan Bintang Insani Nusantara (BINUS) yang baru saja diberikan gelar kehornatan sebagai Doktor Honoris Causa (HC) dari UIPM Malaysia, menjelaskan pada Insan Pers, pelepasan prakerin dengan sumpah janji prakerin untuk ini merupakan salah satu kewajiban dari sebuah SMK untuk melaksanakan anaknya turun kelapangan kerja industri,

Karena sebuah SMK bukan hanya teori melainkan lebih banyak praktek, dengan adanya prakerin, nantinya tamatan ini lebih profesional dan bisa di pinang oleh dunia usaha dan industri.SMK Kesehatan Genus Sumbar sudah 3 kali melaksanakan prakerin di dunia usaha industri,” ucap Defi Endri

Tentu harapan kami sebagai Ketua Yayasan BINUS, bagaimana anak kita ini selama magang di perusahaan kelakuan nya baik mempunyai prestasi kerja, sabar, sehingga akhir nya bisa di pinang oleh dunia usaha industri,” papar Defi.

Tamatan SMK Kesehatan Genus Sumbar bisa bekerja karena indikator, sebuah SMK itu berhasil bukan berapa jumlah siswa yang diterima di Perguruan Tinggi, tetapi berapa jumlah tamatan SMK Genus yang bisa bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan,” tutup Defi. (Edril).

Penulis : Edril

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *