Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi ke Kota Solok

Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat di pimpin Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi dalam kunjunginya ke Kota Solok ).(Foto :Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat di pimpin Ketua TP PKK Provinsi Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi kunjungi Kota Solok dan lakukan penilaian Dasawisma Destamar Indah I RW 06/RT 03 Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok baru-baru ini.

Kunjungan Tim Penilai di sambut oleh Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar, Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Zulmiyetti Zul Elfian Umar, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Wako Solok Zulelfian Umar mengatakan, tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan kelompok dasawisma memiliki banyak peran ditengah-tengah masyarakat.

Dasawisma merupakan lembaga PKK yang terbawah dan berada di PKK RT /RW dalam wilayah kelurahan. Kegiatan kemasyarakatan melalui Gerakan PKK telah teruji peran aktifnya di tengah masyarakat dengan dasawisma sebagai pelaksana di lapangan memberikan harapan besar bagi pemerintah untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khususnya dalam kehidupan keluarga.

Demikian pula kelompok dasawisma sebagai ujung tombak dilapangan menunjukkan bahwa Gerakan PKK memiliki urgensi dan potensi dalam memberdayakan masyarakat untuk membangun jaringan kerjasama dan memiliki cakupan program dan kegiatan yang dapat dijadikan peluang daam melakukan koordinasi kegiatan yang bersinergi dengan jajaran OPD pemerintah dan lembaga dibidang pemberdayaan dan kesejahteraan Keluarga.

Dengan dicanangkannya Program Bulan Bhakti Dasawisma yang dilaksanakan setiap tahun memberi dampak di lingkungan masyarakat terhadap keberhasilan Kader PKK/ Dasawisma dalam menjalankan tugasnya.

PKK bersama dasawisma memiliki peran amat penting dalam membina sikap prilaku masyarakat, terutama dalam pembinaan karakter anak sejak usia dini, peningkatan pendidikan dan ekonomi, serta penanganan dalam pelayanan kesehatan.

jajaran PKK dan kelompok dasawisma diharapkan dapat peka terhadap kenyataan/masalah, serta mengambil langkah melalui pengembangan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan 10 Program Pokoknya yang mampu secara langsung mengatasi masalah keluarga dan masyarakat melalu kelompok PKK RT, RW dan Kelompok Dasawisma.

Di akhir sambutannya Wako Solok menyampaikan kepada Pengurus TP-PKK Kota, Kecamatan dan Kelurahan juga Kepala OPD terkait yang hadir untuk dapat mendampingi penilaian ini, agar dalam penilaian nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kepada Tim Penilai ,Wako berharap disamping melakukan penilaian, dapat juga memberikan pembinaan untuk suksesnya program/ kegiatan PKK bersama kelompok dasawisma di masa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumbar, Ny.Harnelli Mahyeldi mengatakan kedatangan ini untuk melihat dan mendapat informasi nyata dari kelompok dasawisma berprestasi dengan nominasi 7 kabupaten dan kota se-Sumatera Barat.

Pada Tanggal 6 Februari 2024 lalu telah dilakukan pertemuan ketua dasawisma berprestasi masing-masing kabupaten/kota. Sekarang verifikasi lapangan dan Kota Solok sudah berhasil masuk nominasi.

Bagi Juara 1 akan dinobatkan menjadi duta dasawisma yang akan dilaksanakan pada 7 Maret 2024 di Kabupaten Agam..(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *