TP-PKK KOTA SOLOK GELAR PENCANANGAN BULAN BAKTI DASAWISMA

banner 120x600
banner 468x60

TP PKK Kota Solok gelar pencanangan Bulan Bakti Kelompok Dasawisma.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar),MINAKONEWS.COM – TP PKK Kota Solok gelar pencanangan Bulan Bakti Kelompok Dasawisma di Gedung Kubuang 13 dengan tema ‘Kita Optimalkan Peran dan Fungsi Kelompok Dasawisma dan Lembaga Kemasyarakatan Dalam Pembangunan Kelurahan di Kota Solok baru-baru ini.

banner 325x300

Pencanangan ini di buka oleh Walikota Solok dalam hal ini diwakili oleh Drs. Syaiful selaku Sekretaris Daerah Kota Solok. dalam sambutannya Syaiful mengatakan, “ Peran PKK sangatlah besar dalam membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan, ketahanan keluarga, pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan pendapatan dan ekonomi keluarga dengan pemanfaatan pekarangan,” jelas Syaiful.

Para kader khususnya Ketua Kelompok Dasawisma telah mengabdikan dirinya sebagai relawan yang bekerja tanpa pamrih sudah seharusnya mendapat perhatian dari para OPD dalam upaya mencapai keberhasilan, apalagi dalam menghadapi kondisi saat ini dengan kondisi harga bahan pokok yang mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat. Ini tidak terlepas dari dukungan Dinas Pertanian dan Dinas Pangan serta OPD lainnya dalam mewujudkan ketahanan keluarga, gizi, kesehatan masyarakat.

Adapun kerjasama PKK dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pangan adalah pemberian bibit tanaman pekarangan, baik tanaman sayur-sayuran, toga dan palawija sehingga terwujudnya Hatinya PKK, di samping itu memberi pembinaan dan pengawasannya. Juga sekaligus upaya memberikan nilai tambah bagi ekonomi dan pendapatan keluarga dan upaya penanganan stunting.Demikian pula dengan program lain di bidang kesehatan, pendidikan,p embinaan mental dan lainnya. Inilah tanggung jawab kita bersama dan TP-PKK selaku mitra pemerintah dalam berbagai program pembangunan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan keluarga.

Melalui Pencanangan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma ini beberapa hal yang perlu kami tekankan Kepada segenap pembina PKK agar menjadi perhatian serta dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan kelompok Dasawisma dalam menggerakan dan membina masyarakat dengan 10 program pokok PKK kemudian Tingkatkan prakarsa kemauan dan kemampuan para kader PKK kelompok Dasawisma dengan pembinaan, bimbingan dan arahan secara terpadu, terkendali dan berkesinambungan oleh TP- PKK dan OPD terkait.

Bagi segenap jajaran TP-PKK janganlah merasa berat dan menjadi beban karena pengabdian itu merupakan amal ibadah, Seluruh pekarangan rumah masyarakat termanfaat dengan Hatinya PKK dan terpenuhi kebutuhan keluarga. Kami juga menghimbau kepada kader Dasawisma untuk dapat menggerakan, mengajak dan membawa sasaran umur 0 s/d 59 bulan ke TK, Paud, TPA, dan ibu hamil ke Posyandu dan Puskesmas, Setelah itu agar memanfaatkan sistem informasi Dasawisma (SIPEDAS) dengan baik melalui aplikasi.

Selanjutnya Pencanangan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma di Kota Solok ini ditandai pemukulan gong tanda acara di mulai. Acara Dihadiri oleh OPD terkait, Camat/ Lurah se Kota Solok, unsur TP-PKK Kecamatan/ Kelurahan se Kota Solok, Pengurus TP-PKK Kota Solok serta perwakilan Dasawisma Kelurahan.

Selanjutnya sambutan dari Ketua TP-PKK Kota Solok yang diwakili oleh Ny. Dona Ramadhani Kirana P. S.Tr.Keb,M.K.M selaku Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok yang mengatakan, “ Kelompok Dasawisma merupakan ujung tombak dan garis terdepan dalam pelaksanaan gerakan PKK, dimana bila anggota keluarga mengikuti dan melaksanakannya dari 10 program pokok PKK akan terbentuk keluarga yang berkarakter, ketahanan keluarga dalam peningkatan ekonomi dan derajat kesehatan keluarga dalam mewujudkan tujuan dari PKK Dasawisma sebagai pelopor inspiratif.

Kemudian laporan dari Ketua Pelaksana Ny.Rida Syaiful selaku ketua Bidang 2 Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi di TP-PKK Kota solok. Beliau mengatakan tujuan dan maksud dari pelaksanaan pencanangan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma ini sebagai upaya untuk meningkatkan rasa kebersamaan kesadaran gotong royong dan tanggung jawab terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK sebagai pelaksananya kelompok dasawisma di wilayah RT masing-masing.

Meningkatkan kemauan dan kemampuan serta menyatukan persepsi ketua kelompok Dasawisma dalam pendataan, pencatatan, pelaporan dan pembinaan warga untuk bergerak bersama keluarga dan kader PKK dalam mewunudkan kesejahteraan keluarga. Dan terakhir menumbuh kembangkan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanakan 10 program pokok PKK.

Selanjutnya acara di tutup dengan penyerahan bibit cabe dan bibit sayur bayam secara simbolis yang di serahkan oleh Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok kepada Ketua TP-PKK Kecamatan Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan dalam rangka kegiatan gerakan tanam cabe serentak secara Nasional.(Eli)

Penulis : Eli

Editor      : Red minakonews

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *