Wawako Solok Hadiri Acara Penguatan Ekosistem Cagar Budaya dan OPK Kebudayaan

Wakil Walikota Solok Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra hadiri acara Penguatan Ekosistem Cagar Budaya dan Objek Pemajuan Kebudayaan Warisan Tambang WTBOS di Auditorium Gubernuran, Jum’at (11/08/2023).

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Wakil Walikota Solok Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra hadiri acara Penguatan Ekosistem Cagar Budaya dan Objek Pemajuan Kebudayaan Warisan Tambang Warisan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) di Auditorium Gubernuran, Jum’at (11/08/2023).

Acara ini juga dihadiri langsung oleh Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, dan 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang meliputi Kawasan WTBOS, Kota Sawahlunto, Kota Solok, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Padang Pariaman.

Satu lagi kekayaan budaya Indonesia mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari dunia. Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) yang terletak di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Penetapan tersebut diumumkan pada Sidang World Heritage Committee (WHC) atau Komite Warisan Dunia ke-43 di Kota Baku, Azerbaijan.

Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid mengatakan dalam sambutannya, ada lima warisan dunia yang dimiliki Indonesia pada kategori warisan budaya, yaitu Kompleks Candi Borobudur (1991), Kompleks Candi Prambanan (1991), Situs Manusia Purba Sangiran (1996), Lanskap Budaya Provinsi Bali, Sistem Subak sebagai Manifestasi dari Filosofi Tri Hita Karana (2012), dan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (2019).

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka melestarikan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto.(Eli)

Penulis : Eli

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *