WAWAKO SOLOK IKUTI PROSESI TURUN KASAWAH DAN PERMAINAN BATUANG GILO

Wakil Wali Kota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra ikuti permainan anak nagari diantaranya Silek,Batuang Gilo.(Foto : Eli)

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM –
Dihari kedua Pelaksanaan acara Rang Solok Baralek Gadang, Wakil Wali Kota Solok, Dr.H.Ramadhani Kirana Putra ikuti prosesi turun kasawah dan Ikuti permainan anak nagari diantaranya Silek,Batuang Gilo dan urang-urang sawah baru-baru ini.

Kegiatan diawali dengan arak-arakan dari sasaran silek tuo Sinpia Sinapa Piliang,berjalan menuju Hamparan sawah Sepetak olok tempat berlansungnya Event Rang Solok Baralek Gadang.

Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kekayaan tradisi yang dimiliki oleh masyarakat Kota Solok yang harus terus digali dan dilestarikan.

“Kegiatan anak nagari seperti ini harus kita dukung penuh. Jangan sampai tradisi permainan anak nagari yang telah kita miliki ini sampai punah dan tergerus oleh perkembangan zaman,”ujar H.Rusli.

Wawako juga menyampaikan apresiasi pada masyarakat Kelurahan Sinapa Piliang khususnya Sasaran Silek Sinpia yang telah menginisiasi kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Festival Rang Solok Baralek Gadang.

“Festival Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu event nasional yang kegiatannya adalah Silek Basilumuh, Batuang Gilo serta atraksi lainnya yang dilaksanakan dihamparan Sawah Solok.Kita berharap event ini tidak hanya dihadiri oleh wisatawan di Sumatera Barat saja tapi dari seluruh daerah di Indonesia bahkan sampai mancanegara,”harap wawako.

Wawako pada acara ini juga ikut mencoba memainkan Talempong Pacik yang merupakan salah satu alat musik tradisional yang harus ada dalam atraksi ini.

Hadir pada acara ini Ketua LKAAM Kota Solok H.Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Sitta Novembra, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Milda Murniati Camat Lubuk Sikarah dan Tanjung Harapan serta Lurah Se-kota Solok.(Eli)
Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *