Yetti Aswati Terpilih Secara Aklamasi Ketua KPPI Kab Solok

banner 120x600
banner 468x60

Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Yetti Aswati anggota DPRD Kabupaten Solok yang telah dua kali duduk di DPRD setempat, pada Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Solok tahun 2022 terpilih secara aklamasi sebagai ketua KPPI Kabupaten Solok ,Kamis (28/07/2022) di Balairung Rumah Dinas Bupati Solok, Arosuka.

Saat di temui usai muscab KPPI tersebut, Yetti Aswari mengucapkan “Alhamdulillah, Saya dipercaya dan terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Cabang (Muscab) DPC KPPI Kabupaten Solok tahun 2022 sebagai ketua KPPI Kabupaten Solok,”

banner 325x300

Sebagai ketua terpilih, Yetti Garende bertekad akan merubah ‘Mindset’ cara pandang dari kaum perempuan di dalam berpolitik dengan melakukan peningkatan terhadap kapasitas dan kapabilitas dari kaum perempuan sendiri.

Dijelaskannya, selama ini persentase keterwakilan perempuan di parlemen sangat rendah, dari 35 kursi anggota DPRD Kabupaten Solok yang ada, hanya 3 kursi yang mewakili perempuan di DPRD Kabupaten Solok.

Hal tersebut jika dibandingkan dengan persentase keterwakilan perempuan di parlemen dengan persentase 30 %, masih sangat jauh dengan jumlah anggota DPRD Kabupaten Solok dengan hanya 3 kursi yang mampu diraih oleh perempuan.

Kita KPPI akan memperbaiki kapasitas dan kapabilitas, agar nanti target 30% perempuan di parlemen dapat terpenuhi, saat ini keterwakilan perempuan DI DPRD Kabupaten Solok baru 3 kursi dari jumlah total 35 kursi anggota DPRD Kabupaten Solok,” ungkap Yetti.

Selain itu, Yetti Garende juga menargetkan dengan mendorong seluruh anggota KPPI yang ada di Kabupaten Solok untuk bisa merangkul kembali dan bersama mengikis ketimpangan gender dalam politik.

Lebih lanjut Yetti Garende juga berharap, dalam menghadapi Pemilu legislatif 2024 nanti kaum perempuan hendaknya tampil sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan perempuan. Yetti tidak ingin lagi, dari 30 % keterwakilan perempuan di parlemen hasil Pemilu legislatif nanti dapat tercapai hanya sekian persen saja seperti sekarang.

Perempuan mari pilih perempuan, ayo kita tampil sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan kepentingan perempuan,” ajak Yetti.

Ketua TP PKK Kabupaten Solok Ny. Emiko Epyardi Asda, SP yang ikut hadir dalam acara Muscab KPPI Kabupaten Solok mengucapkan selamat kepada Ketua KPPI Kabupaten Solok Yetti Aswati, SH yang terpilih secara aklamasi.

Ny. Emiko berharap, dengan terpilihnya Ketua KPPI yang baru akan ada sebuah gebrakan yang baru pula bagi seluruh perempuan terutama di Kabupaten Solok.

Dikatakannya, bahwa peran perempuan pada suatu daerah sangatlah penting, selama ini hanya sekian persen saja dari kaum perempuan yang bisa mewakili instansi tertentu, begitu juga untuk lembaga legislatif dan ini menjadi tantangan bersama bagi kaum perempuan.

Selamat kepada Ketua terpilih, mari bersama kita dorong dan kita dukung untuk keterwakilan perempuan di Kabupaten Solok, semoga kedepannya perempuan Kabupaten Solok mampu dalam untuk mewujudkan apa yang kita inginkan bersama,” pungkas Emiko.
(Eli)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *