BAWASLU KOTA SOLOK GELAR SOSIALISASI PEMGAWASAN PEMILU

Bawaslu Propinsi Sumbar di dampingi Ketua Bawaslu Kota Solok serahkan piagam penghargaan di Halaman GOR Alimin Sinapa, Sabtu (11/11/2023).(Foto Eli).

Kota Solok (Sumbar), MINAKONEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solok gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu partisipatif dan sekaligus Deklarasi kampung pengawasan pemilu 2024, bertempat di Halaman GOR Alimin Sinapa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Sabtu (11/11/2023).

Sosialisasi tersebut di hadiri oleh Bawaslu Propinsi Sumbar Muhammad Khadafi , Wawako Solok H.Ramadhani Kirana Putra , Ketua dan anggota Bawaslu Kota Solok, Polres Solok Kota, Dandim ,Camat, lurah , ketua KPU Kota Solok,LKAAM, Bundo kandung, Ninik mamak dan parpol , sementara Nara sumber yakni Asraf Daniel dan DR Wirdaningsih

Ketua Bawaslu Kota Solok Rafiqul amin, S.Pdi MPd menyampaikan pencanangan Deklarasi Kampung Pengawasan Pemilu ini. Bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, sehingga jalanya Pemilu 2024 dapat menjadi lebih transparan, adil, dan akuntabel, karena dari bentuk partisipasi masyarakat itu tidak hanya saat menggunakan hak pilihnya saja, namun yang kita harapkan masyarakat secara luas dapat terlibat dalam melakukan pemantauan serta pengawasan untuk setiap tahapan pelaksanaan pemilu nanti,”paparnya.

Rafiqul Amin mengharapkan, nantinya masyarakat dapat berperan aktif dalam menjaga integritas pemilihan umum, menjauhi pelanggaran seperti politik uang, isu SARA, dan hoaks, serta menjaga netralitas.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk mewujudkan pemilu yang langsung , umum , bebas ,rahasia ,jujur dan adil serta mewujudkan pemilu yang aman ,tertib , damai serta berintegritas tanpa hoax, politisasi Syara’dan politik uang

Tidak hanya itu ,kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pengawasan pemilu partisipatif oleh masyarakat dan sekaligus untuk berani melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran pemilu .
Dengan dilakukannya Deklarasi Kampung Pengawas Pemilu ini. “Nantinya tidak ada lagi ruang bagi penyelenggara maupun peserta untuk melakukan pelanggaran dalam proses pemilu,”ujarnya.

Lalu demi lancarnya jalannya pesta pemilu 2024, Rafiqul juga meminta partisipasi masyarakat Kota Solok harus bijak dalam proses penggunaan hak pilihnya. Pemilihan itu didasarkan hati nurani serta visi misi dan program caleg yang akan dipilih, bukan berdasarkan iming-iming dan janji-janji, karena hak pilih ini akan mempertaruhkan nasib masyarakat lima tahun kedepan.

Bawaslu Propinsi Sumbar Muhammad Khadafi dalam sambutanya menyampaikan Dengan dibentuknya Kampung Pengawasan Pemilu Partifipatif di Kota Solok ini. Diharapkan adanya ruang berdialog dari seluruh stakeholder dalam pelaksanaan pemilu

Dia berharap semua hal-hal baik bisa terjadi disini, dimulai dari bercerita berdialog dan saling mengingkatkan dalam konsep mencegah serta mengawasi agar tidak terjadi kesalahan pelanggaran atau potensi apa saja yang berimplikasi pada pidana dalam proses Pemilu 2024 di Sumatera Barat khususnya di Kota Solok ,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan, setiap tahapan pemilu itu berpotensi terjadinya pelanggaran dan kecurangan pemilu, bisa dilakukan oleh siapa saja baik penyelenggara, pemilih, peserta atau stakeholder lainnya. Oleh sebabnya, dengan adanya ruang dialog ini kita berharap hal tersebut bermanfaat bagi kelangsungan Pemilu 2024 nantinya.

Dia berharap pemilu di Sumbar khususnya Kota Solok berjalan dengan baik sesuai dengan aturan perundang-undangan yang telah kita sepakati ,” imbuhnya.

Wakil Walikota Solok H. Ramadhani Kirana Putra dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Solok menyambut baik pembentukan Kampung Pengawasan Parifisipatif di Kota Solok, Dengan dicanangkannya deklarasi pemilu damai dan diresmikannya Kampung Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024 di Kota Solok, Kedepannya, potensi pelanggaran dalam pemilu bisa dihindari dan ditekan seminimal mungkin “ terangnya.

Wawako berharap setiap lembaga, organisasi atau warga yang terlibat langsung dalam pesta demokrasi nantinya. Diharapkan bisa memastikan bahwa kegiatan berjalan dengan aman dan lancar yang didukung oleh situasi yang kondusif.

“Semua itu kita lalui dengan baik, dimana salah satu indikatornya adalah masyarakat Kota Solok tetap memegang teguh prinsip “Pemilu Badusanak”, tetap berada dalam kondisi aman, tentram dan damai ,” ujarnya.

Dalam paparanya DR Wirdaningsih Dalam menyampaikan pemilu ada kerawanan politik , seperti money politik, kampanye hitam dan politik identitas dan lain sebagainya, mari kita upayakan untuk mengantisipasi supaya pemilu berjalan jurdil.

Konflik sosial seperti pemilihan dalam keluarga, bertetangga karena berbeda pemilihan akhirnya terjadi konflik, dan untuk mengantisipasi tersebut kita semangat multikultural walaupun berbeda pilihan tapi menghargai pilihan yang terbaik.

Sementara itu Asraf Danil mengajak semua masyarakat Kota Solok mari bersama sama kita awasi tahapan pemilu 2024, tanggung jawab ini adalah tanggung jawab kita bersama, mari kita sukseskan pemilu badunsanak.(Eli).

Penulis : Eli
Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *