PENGENALAN BUDAYA INDONESIA
MELALUI TARI RANTAK UNTUK SISWA KOREA

Penampilan Tari Rantak.

Oleh: Fitra Murni AR
Guru SMAN 3 Padang Panjang

MINAKONEWS.COM – Salah satu tujuan dari pertukaran guru Indonesia – Korea adalah pemahaman budaya. Dengan adanya pemahaman budaya, maka siswa akan saling menghargai keberagaman. Meskipun, mereka memiliki budaya yang berbeda, mereka harus mampu menghargai satu sama lainnya. Tidak merasa budaya mereka lebih baik dari budaya orang lain. Tetapi dengan adanya keberagaman budadaya mereka mampu menumbuh kembang toleransi, empathi, berkomunikasi dengan baik tidak ada salah paham bahkan lebih jauh lagi mereka mampu nantinya untuk hidup dengan harmonis damai.

Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan budaya. Sebagaimana diketahui Indonesia memiliki 17.000 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Ada 1.300 etnis/suku di Indonesia.

Indonesia yang membuat memiliki keragaman budaya dan adat istiadat. Nah setiap daerah atau propinsi yang ada di Indonesia tentunya mempunyai budaya yang beragam pula baik itu dari rumah adat, pakai an adat alat musik maupun tari.

Oleh karena itu SMAN 3 Padang Panjang Indonesia berupaya adanya pengenalan budaya Indonesia kepada siswa Gangwon Foreign Language High School Korea yaitu dalam pelajaran tari daerah Indonesia. Setelah didiskusikan dan di sepakati bersama, maka tari Rantak menjadi tari yang akan diajarkan dalam pembelajaran kelima Pertukaran Guru Indonesia-Korea secara online.

Akhirnya pembelajaran tari Rantak bisa dilaksanakan dengan baik tepat pada tanggal 1 September 2023 yang diberikan oleh guru seni SMAN 3 Padang Panjang Elfa Susanti, S.Sn dengan 6 orang siswa SMAN 3 Padang Panjang dan dibantu oleh 3 guru lainnya yaitu Fitra Murni AR, S.Pd, Rosalina, S.Pd dan Devi Anggreni, S.Kom. Pembelajaran ini sangat mendapat apresiasi dari guru-guru Gangwon Foreign High School dan siswanya. Siswa Gangwon Foreign Languege High School belajar dengan antusias dengan mengenakan pakaian tari rantak yang dikirim dari SMAN 3 Padang Panjang. Pembelajaran ini tidak hanya berkesan bagi Gangwon Foreign Language High School, Korea saja tetapi juga bagi SMAN 3 Padang Panjang, Indonesia.

Terima kasih disampaikan kepada Kemdikbudristek RI, Kementrian Pendidikan Korea dan APCEIU, UNESCO atas program yang luar biasa ini. Siswa dan guru Indonesia- Korea.(*).

Penulis : Fitra

Editor : Red minakonews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *